Jangan Tertipu! Ini Dia Ciri-Ciri Kurma Ajwa Asli Manfaat

            Kurma ajwa asli manfaat merupakan salah satu buah yang pastinya tidak asing bagi setiap masyarakat muslim, baik di dunia maupun di Tanah Air. Buah yang umumnya tumbuh di Arab Saudi ini dipercaya dapat menangkal racun dan sihir yang ingin masuk ke tubuh seseorang. Merurut beberapa hadiz yang diriwayatkan oleh para sahabat, pohon kurma pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW di dekat masjid Quba, Madina. Oleh sebab itu, beberapa masyarakat menyebut buah berwarna coklat ini dengan sebutan Kurma Nabi.

            Saat ini, kurwa ajwa tak hanya dapat dijumpai di Arab Saudi saja, melainkan juga di berbagai negara termasuk Indonesia. Harga dari kurma ajwa sendiri terbilang mahal lantaran berbagai manfaat yang diberikan seperti mencegah kanker, mencegah hipertensi, dan sebagai anti oksidan alami. Meskipun relatif mahal, permintaan masyarakat akan kurma tersebut justru semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum nakal untuk menjual kurma ajwa palsu kepada masyarakat. Maka dari itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri distributor kurma sebelum membelinya. Adapun ciri-ciri dari kurma ajwa yang asli adalah sebagai berikut:

  • Kurma ajwa yang asli umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan kurma lain. Selain itu, kurma ajwa memiliki warna yang lebih pekat dan sedikit kering dengan kerutan yang banyak.
  • Dari segi rasa, kurma ajwa memiliki rasa yang tidak lebih manis daripada jenis kurma yang lainnya. Untuk itu, mintalah testimoni terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Untuk lebih memastikannya apakah kurma tersebut asli atau paslu, maka cobalah letakkan kurma di dalam wadah terbuka. Jika kurma tersebut dihinggapi serangga seperti lalat, maka dapat dipastikan kurma tersebut ialah kurma asli.

Pada dasarnya, ciri-ciri kurma ajwa yang disebutkan di atas merupakan ciri yang melekat pada bentuk fisiknya. Selain bentuk fisik, Anda juga bisa memastikan kurma ajwa yang asli dan palsu melalui harga yang ditawarkan oleh penjual. Jika harga dari kurma ajwa tersebut setara atau sedikit lebih tinggi dengan kurma lain, maka kemungkinan besar kurma tersebut adalah palsu.